BNNK Buleleng Sosialisasi P4GN dan Laksanakan deteksi dini melalui test urine di Desa Bengkala.

  • Admin Kubutambahan
  • 05 September 2019
  • Dibaca: 14 Pengunjung

INFORMASI NARKOBA

Kamis, 5 September 2019

TELAH SELESAI DILAKSANAKAN

Sesuai dengan Intruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) Tahun 2018-2019, Pemerintah Desa Bengkala dengan mengundang BNN Kabupaten Buleleng mengadakan kegiatan "Tes Urine" dalam rangka Pencegahan/Deteksi Dini Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba dan Obat-obatan terlarang lainnya dilingkungan Pemerintah Desa Bengkala, yang bertempat di Kantor Perbekel pada hari ini Kamis (5/9).

Kegiatan dibuka langsung oleh Perbekel Bengkala I Made Arpana yang didampingi oleh Kepala BNN Kabupaten Buleleng AKBP. I Gede Astawa., SH., MM., Kasi P2M, Kasi Brantas, Kasi Rehabilitasi dan beberapa staff BNNK Buleleng lainnya, dan diikuti oleh Staff Pemerintah Desa Bengkala yang berjumlah 11 orang.

Kepala BNN Kabupaten Buleleng mengatakan "Untuk di Desa Bengkala berbagai upaya yang berkaitan dengan Pencegahan peredaran gelap narkoba sudah pernah dilaksanakan diantaranya; Sosialisasi, Pembentukan Relawan dan sekarang upaya Pencegahan melalui kegiatan Tes Urine yang bertujuan untuk mengetahui adanya zat atau obat tertentu dalam air seni seseorang, misalnya pada atlet, pelajar, pegawai kantoran, dan pecandu atau orang yang diduga menyalahgunakan narkoba. Tes urine dapat mendeteksi adanya zat berbahaya opiate/opioid, benzodiazepine, barbiturate, phencyclidine (PCP), ganja, metamphetamine, amphetamine dan kokain".

Disisi lain AKBP. I Gede Astawa., SH., MM., juga mengingatkan masyarakat, untuk tidak malu melapor ke BNN Kabupaten Buleleng, jika merasa sebagai pengguna narkoba. Saat ini, BNNK Buleleng sudah merehab 56 orang  dari berbagai kalangan yang mau melapor diri. Hanya saja, proses rehabilitasi dilakukan di Bangli, mengingat di Buleleng belum ada fasilitas.

Hasil tes yang dilaksanakan dari 11 orang staff Pemerintah Desa Bengkala adalah semuanya NEGATIF, semoga bisa menjadi contoh/tauladan bagi seluruh masyarakat Desa Bengkala agar tidak terlibat penyalahgunaan Narkoba.

#BNNKBuleleng

#MARIJAGABERSAMAGENERASIMUDADARINARKOBA

#STOPNARKOBA

#SAYNOTODRUG

 

dikutip : @Fb Pemdes Bengkala

Share Post :