SELAMAT HARI PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA KE-74

  • Admin Kubutambahan
  • 25 November 2019
  • Dibaca: 57 Pengunjung

Dasar penetapan Hari Guru Nasional (HGN) pertama kali adalah Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, lalu dimantapkan oleh Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. HGN diperingati setiap tanggal 25 November, mengacu pada hari lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia, sebuah organisasi profesi guru terbesar di Indonesia yang lahir pada tanggal 25 November 1945.

Dengan demikian, peringatan Hari Guru Nasional sekaligus merupakan Hari Ulang Tahun PGRI. Pada tahun 2019 ini, PGRI genap berusia 74 tahun. Usia yang cukup matang matang dan dewasa bagi sebuah organisasi. Dalam perjalanannya, PGRI terus berupaya mewujudkan guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Terkait dengan Peringatan HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional 2019, PGRI telah merilis pedoman yang diharapkan bisa menjadi acuan bagi seluruh pengurus PGRI di semua tingkatan.

Tema yang diambil pada peringatan kali ini adalah “Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul”.

Tujuan Kegiatan

1. Meningkatkan kesadaran dan komitmen guru dan pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan dan pembangunan karakter bangsa.
2. Memacu kinerja dan kedisiplinan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya memacu kinerja dan dan kedisiplinan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya mempersiapkan sumber daya manusia sebagai basis terwujudnya generasi emas Indonesia tahun 2045.
3. Memperkuat semangat dan dedikasi guru melalui organisasi guru profesional PGRI dalam meningkatkan sumber daya manusia yang bermutu.
4. Memperkuat rasa kebersamaan guru melalui organisasi profesi PGRI yang independen, demokratis dan berkesinambungan.
5. Memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan anggota serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan anggota kepada PGRI, sebagai organisasi profesi guru di Indonesia.
6. Mendorong kepedulian pemerintah pemerintah daerah, dan masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dalam membangun pendidikan karakter bangsa yang cerdas, kompetitif, dan bermartabat.

Pengabdianmu, Perjuanganmu, dan keikhlasanmu mendidik putra putri Negeri bagai pelita dalam kegelapan. Selamat Hari Guru 2019.

Download file disini

Share Post :