Pemerintah Desa Marga Dajan Puri Studi Banding di Desa Tajun

  • Admin Kubutambahan
  • 18 November 2019
  • Dibaca: 20 Pengunjung

Dalam rangka meningkatkan tata kelola pemerintahan desa serta mengembangkan pengelolaan BUMDesa, Pemerintah Desa Marga Dajan Puri, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan melakukan studi banding di Desa Tajun, Jumat (15/11). Selain Perbekel dan Perangkat Desa Marga, juga turut hadir Camat Marga, Pendamping Desa, dan Staf BUMDes Marga Dajan Puri.

Sebelum mendengarkan paparan materi dari Perbekel Tajun Ir. Gede Ardana dan Ketua BUMDesa Tajun Drs. I Nyoman Sugana di Ruang Rapat BUMDesa Mandala Giri Amertha Desa Tajun, Pemerintah Desa Marga bersama rombongan terlebih dahulu melihat langsung pengelolaan sampah di TPST Desa Tajun.

Perbekel Tajun Ir. Gede Ardana dalam paparannya kemarin kembali menekankan pentingnya analisis dan pengembangan potensi desa dalam rangka pembangunan desa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Artinya, APBDes harus berdasarkan kebutuhan masyarakat desa bukan keinginan atau kepentingan. Begitu juga dalam pengembangan BUMDes bukan semata-mata berorientasi bisnis atau keuntungan tetapi BUMDes harus mampu menjadi solusi bagi permasalahan-permasalahan di masyarakat. Seperti, sampah, air bersih, modal usaha, dan lain sebagainya.

Sebelumnya (8/11) Pemerintah Desa Celuk Gianyar melakukan studi komparatif di Desa Tajun yang juga bertujuan mengembangkan BUMDesa dan pengelolaan sampah.

Sumber Berita : http://tajun-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/862-Pemerintah-Desa-Marga-Dajan-Puri-Studi-Banding-di-Desa-Tajun

Berita terkait: http://tajun-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/858-Ingin-Kembangkan-BUMDes--Desa-Celuk-Studi-Komparatif-di-Desa-Tajun

Share Post :