Penilain Puskesmas Berprestasi Provinsi Bali di Puskesmas Kubutambahan I

  • Admin Kubutambahan
  • 14 Mei 2018
  • Dibaca: 14 Pengunjung

 

Puskesmas berprestasi merupakan puskesmas yang berhasil mencapai prestasi meliputi kinerja tinggi yang sesuai dengan fungsi  puskesmas, memenuhi kriteria standar program yang telah ditentukan, melakukan upaya peningkatan mutu, mempunyai upaya pengembangan, mendapat  pengakuan dari masyarakat serta memiliki tata lingkungan yang baik. Penilaian Puskesmas Berprestasi adalah suatu upaya penilaian hasil kinerja Puskesmas yang meliputi kegiatan, hasil kerja dan inovasi yang dilaksanakan oleh Puskesmas di wilayah kerjanya, terutama dalam melaksanakan  kegiatan promotif dan preventif serta upaya meningkatkan peran serta masyarakat.

Penilaian ditujukan untuk memperoleh Puskesmas yang melaksanakan pelayanan terutama kegiatan promotif dan preventif, serta pemberdayaan masyarakat dengan baik, dan memiliki inovasi sesuai masalah dan sumber daya yang ada. Puskesmas Berprestasi tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Dengan demikian, hasil kerja puskesmas dapat memberikan gambaran kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

 

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kubutambahan I menjadi duta Kabupaten Buleleng dalam peringkat Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Bali tahun 2018. Penilaian ini dilaksanakan di Puskesmas Kubutambahan I Desa Kubutambahan, Kecamatan Kubutambahan.

Rombongan tim Penilai Provinsi Bali yang di pimpin Ni Made Parwati, Senin (14/5/2018) dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra Sp.OG didampingi Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Buleleng dan Nampak Camat Kubutambahan Drs Komang Sumertajaya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutidra Sp.OG mengatakan, lomba ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi dan pengakuan atas kinerja Puskesmas karena turut serta membantu mewujudkan program pembangunan dalam bidang kesehatan.

Wabup Sutjidra mengatakan, dilihat dari persiapan Puskesmas Kubutambahan I sudah memenuhi kriteria penilaian. Sutjidra menambahkan, inti dari penilaian ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Provinsi Bali khususnya di Kabupaten Buleleng.

“Saya lihat Puskesmas Kubutambahan I sudah mempersiapkan untuk penilaian ini. Tapi saya berharap ini tidak hanya dilakukan saat penilaian saja, tapi ini harus terus diimplementasikan secara terus menerus agar pelayanan kesehatan tidak menurun,” harapnya. 

 dan dilanjutkan dengan pemaparan Profil Puskesmas Kubutambahan I Kecamatan Kubutambahan oleh dr.  Putu Yoni Utami .

Share Post :