Rapat Koordinasi Kegiatan Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2018

  • Admin Kubutambahan
  • 09 Juli 2018
  • Dibaca: 19 Pengunjung

Rapat Koordinasi Kegiatan Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2018 pukul 09.00 Wita bertempat di Ruang Rapat Dinas PMD Kabupaten Buleleng, dipimpin oleh Ibu Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Buleleng dengan peserta SKPD Terkait Penanggulangan Kemiskinan termasuk Camat se Kabupaten Buleleng. Camat Kubutambahan menugaskan Kasi Pembangunan Kecamatan Kubutambahan Ketut Juni Ardana, SE .
Dalam Rapat ini membahas Persiapan Lomba Desa Berprestasi Menurunkan Kemiskinan Tahun 2018 dan Program Inovasi Desa dimana dengan kesimpulan :
- Lomba Desa Berprestasi Menurunkan Kemiskinan tingkat Kabupaten Buleleng akan dilaksanakan pada Bulan Oktober 2018 yang diikuti oleh 9 (sembilan) Desa dari 9 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Buleleng dan biaya konsumsi ditanggung Dinas PMD Kab. Buleleng.
- Masing – masing kecamatan menunjuk 1 (satu) Desa sebagai Duta kecamatan dengan menyerahkan Dokumen Pendukung berupa Profil / laporan Program Penanggulangan Kemiskinan yang dibuat oleh Desa ke Dinas PMD Kabupaten Buleleng paling lambat tanggal 30 September 2018.
- Adapun Indikator Penilaian ada 6 Indikator meliputi :
a. Program Inovasi (Tersedianya anggaran di APBDesa Program / Kegiatan inovatif untuk penanggulangan kemiskinan).
b. Efektivitas Pelaksanaan Program (Apakah sudah efektif program yang dilaksanakan melalui APBDesa dalam upaya pengentasan kemiskinan?)
c. Eksistensi Pelaksanaan Program (Apakah program yang dilaksanakan dalam upaya pengentasan kemiskinan sudah dilaksanakan secara berkesinambungan?).
d. Kelembagaan Tim Penanggulangan Kemiskinan didesa (Sudahkah ada Tim Penanggulangan Kemiskinan di Desa? dan sejak tahun berapa ada?)
e. Kepekaan masyarakat terhadap permasalahan kemiskinan (Adanya keterlibatan/ peran aktif dari elemen masyarakat dalam mendukung program penanggulangan kemiskinan di Desanya misalnya CSR dan sumber pendapatan lainnya).
f. Tingkat Pengangguran (Prosentase jumlah pengangguran apakah 5% atau kurang dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja?)
- Penghargaan kepada juara – juara lomba Desa Berprestasi menurunkan kemiskinan Tahun 2018 diberikan oleh Bupati Buleleng dalam bentuk Piala, Piagam dan Hadiah Uang sebesar : Rp.10.000.000,- untuk terbaik I, Rp. 8.000.000,- untuk terbaik II dan Rp. 5.000.000,- untuk terbaik III.
Dan Sebagai bahan pertimbangan Bapak kami usulkan beberapa hal :
a. Di Kecamatan segera dibentuk Tim guna menyeleksi Desa yang akan menjadi Duta Kecamatan Kubutambahan.
b. Mengingat di Kecamatan ada TKSK yang berada dibawah koordinator Seksi Sosbud kami

Share Post :