"PERINGATAN HARI KORPS WANITA ANGKATAN LAUT (KOWAL)”

  • Admin Kubutambahan
  • 05 Januari 2020
  • Dibaca: 219 Pengunjung

"PERINGATAN HARI KORPS WANITA ANGKATAN LAUT (KOWAL)”

SEJARAH TERBENTUKNYA KOWAL

Hari Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) diperingati setiap tanggal 5 Januari. Tahun ini, merupakan peringatan HUT Kowal ke-57.

Penentuan Hari Kowal berdasarkan sejarah tonggak berdirinya Kowal. Sejarahnya bermula saat pengembangan Angkatan Laut RI pada awal tahun 1960-an. Kebutuhan tenaga wanita dalam kedinasan Angkatan Laut sangatlah penting. Oleh karena itu maka dibentuklah Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal).

Dimana ide pembentukan ini dimotori oleh Komodor Yos Sudarso, sementara yang merealisasikan adalah Panglima TNI Laksamana Muda TNI RE. Martadinata dengan dikeluarkannya surat keputusan Menteri/Pangal No. 5401.24 tanggal 26 Juni 1962 tentang pembentukan Kowal.

Melalui surat keputusan ini kemudian ditindaklanjuti dengan perekrutan dan pendidikan para calon anggota Kowal yang menghasilkan 12 orang perwira. Untuk diketahui pelantikan pertama Kowal dilakukan oleh Kasal Laksamana Muda TNI RE. Martadinata di Mabes AL, Jalan Gunung Sahari 67, Jakarta pada 5 Januari 1963.

Waktu pelantikan tersebut hingga kini ditetapkan sebagai hari jadi Kowal. Dari waktu ke waktu, Kowal terus berkembang sesuai dengan dinamika perjalanan sejarah dan perkembangan organisasi Angkatan Laut. Awal pembentukan Kowal, merupakan Korps yang berdiri sendiri. Sebutan Korps di lingkungan Kowal diartikan sebagai pengelompokan secara administratif dan bukan kecabangan seperti pada awal pembentukannya.

Seiring dengan semangat emansipasi dan kemitrasejajaran dengan pria, pembinaan profesi anggota Kowal dilakukan sesuai dengan ketentuan prajurit TNI AL umumnya, namun pembinaan kodrat kewanitaan tetap berada di bawah pembinaan khusus Kowal.

Dinamikanya tergambar dalam struktur organisasinya yang berubah menjadi Administrasi Personel Wanita (Minsperwan) dan Pembinaan Kowal (Binkowal).
Pada tahun 1985, strukutur Binkowal dihapus dan pimpinan TNI AL menunjuk seorang perwira menengah Kowal sebagai pembina dengan sebutan Pembina Kowal.

Download file disini

Share Post :