Tupoksi

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016
  • Dibaca: 993 Pengunjung

Tupoksi Kantor Camat Kubtambahan




TUPOKSI CAMAT
Camat mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana kegiatan Pemerintah Kecamatan, berdasarkan data, program dan Kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja ;
b.    Merumuskan kebijakan teknis operasional di bidang Pemerintah Kecamatan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
c.    Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
d.    Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan;
e.    Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya ;
f.     Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan kesesuaian dan kebenaran hasil kerja ;
g.    Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier ;
h.    Menyelenggarakan pemerintahan umum dan keagrariaan ;
i.     Melaksanakan pembinaan ketentraman dan ketertiban, perlindungan masyarakat, sosial kemasyarakatan, lingkungan hidup dan pelayanan umum ;
j.     Melaksanakan pembinaan terhadap pemerintahan desa/kelurahan serta pembinaan pembangunan dan kehidupan kemasyarakatan di Kecamatan ;
k.     Menyelenggarakan penilaian dan penetapan angka kredit bagi pegawai fungsional di Kecamatan, sesuai kewenangan dan perundang-undangan yang berlaku ;
l.     Melaksanakan koordinasi dengan seluruh Unit Pelaksana Teknis yang ada di kecamatan;
m.   Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Pemerintah Kecamatan, secara keseluruhan;
n.    Membuat laporan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan ;
o.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Camat dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekda.


TUPOKSI SEKRETARIAT KECAMATAN
Sekretariat Kecamatan mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana kegiatan Sekretariat berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;
b.    Memimpin dan mengkoordinasi seksi-seksi dan subag-subag agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
c.    Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan ;
d.    Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya
e.    Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja ;
f.    Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier ;
g.    Memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi dilingkungan Pemerintah Kecamatan ;
h.    Melaksanakan urusan surat menyurat, keuangan, rumah tangga, perlengkapan, kepegawaian, kehumasan, keprotokolan, dokumentasi, kearsipan, perpustakaan, ketatausahaan serta organisasi dan tata laksana ;
i.     Menyusun rencana kerja, rencana anggaran dan membuat laporan kegiatan Pemerintah Kecamatan ;
j.     Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Sekretariat secara keseluruhan ;
k.     Membuat laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan ;
l.     Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

Sekretariat Kecamatan dipimpin oleh seorang Sekretaris Kecamatan, yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

SUB BAGIAN UMUM
Sub Bagian Umum, mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum, berdasarkan data dan program Sekretariat dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;
b.    Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
c.    Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan ;
d.    Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya ;
e.    Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesuaian dan kebenaran hasil kerja ;
f.    Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier ;
g.    Melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan, kerumah tanggaan, perlengkapan tata usaha, kehumasan, keprotokolan, dokumentasi, perpustakaan organisasi dan ketata laksanaan ;
h.    Memberikan pelayanan administarsi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan pemerintah kecamatan ;
i.    Menyusun dan membuat laporan kegiatan Pemerintah Kecamatan ;
j.    Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Umum secara keseluruhan ;
k.    Membuat laporan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan ;
l.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang di berikan atasan.

Sub Bagian Umum di pimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Camat.

SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN
Sub Bagian Kepegawaian, mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Kepegawaian, berdasarkan data dan program Sekretariat dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja ;
b.    Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
c.    Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan ;
d.    Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya ;
e.    Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja ;
f.    Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier ;
g.    Melaksanakan administrasi kepegawaian yang meliputi pengusulan kenaikan pangkat, gaji berkala, kesejahteraan pegawai dan pensiun ;
h.    Menyusun daftar urut kepangkatan, formasi, bezetting pegawai dan menyusun data pegawai ;
i.    Menyiapkan dan menyusun rencana kebutuhan serta pengembangan pegawai ;
j.    Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Kepegawaian, secara keseluruhan;
k.    Membuat laporan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan ;
l.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang di berikan atasan.

Sub Bagian Kepegawaian, dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Kecamatan.

SUB BAGIAN KEUANGAN
Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan, berdasarkan data dan program Sekretariat dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja ;
b.    Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
c.    Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan ;
d.    Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya ;
e.    Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja ;
f.    Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier ;
g.    Menyusun rencana anggaran Pemerintah Kecamatan yang meliputi pembuatan RKA dan DPA ;
h.    Menyiapkan bahan, menyusun serta melaksanakan pencatatan, pembukuan perhitungan dan verifikasi serta perbendaharaan ;
i.    Menerima, menyimpan, mengeluarkan dan mempertanggung jawabankan keuangan Pemerintah Kecamatan ;
j.    Melaksanakan pengurusan penerbitan SPD, SPP dan SPM, meneliti kelengkapan SPP serta menyiapkan SPM ;
k.    Melakukan verifikasi SPP, verifikasi harian atas penerimaan, akutansi Pemerintah Kecamatan, penatausahaan barang dan pembayaran gaji pegawai serta tunjangan lainnya yang sah ;
l.    Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Keuangan, secara keseluruhan;
m.    Membuat laporan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan ;
n.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang di berikan atasan.

Sub Bagian Keuangan di pimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Kecamatan.


TUPOKSI SEKSI PEMERINTAHAN
Seksi Pemerintahan, mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana kegiatan Seksi Pemerintahan, berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja ;
b.    Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
c.    Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan ;
d.    Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya ;
e.    Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja ;
f.    Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier ;
g.    Melaksanakan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum serta pembinaan keagrariaan ;
h.    Melaksanakan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa ;
i.    Melaksanakan pembinaan administrasi kependudukan dan catatan sipil ;
j.    Melaksanakan kegiatan pemilu, idiologi negara dan kesatuan bangsa ;
k.    Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Pemerintahan, secara keseluruhan ;
l.    Membuat laporan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan ;
m.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Seksi Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat  melalui Sekcam.


SEKSI PEMBANGUNAN
Seksi Pembangunan, mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana kegiatan Seksi Pembangunan, berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja ;
b.    Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
c.    Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan ;
d.    Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya
e.    Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja ;
f.    Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier ;
g.    Menyelenggarakan pembinaan pembangunan yang meliputi perekonomian masyarakat desa/kelurahan, produksi dan distribusi ;
h.    Melaksanakan pembinaan lingkungan hidup ;
i.    Melaksanakan perencanaan pembangunan Kecamatan, Desa da Kelurahan ;
j.    Melaksanakan penyusunan profil Kecamatan, Desa/kelurahan ;
k.    Melaksanakan pendataan swadaya murni masyarakat proyek masuk desa/kecamatan ;
l.    Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan seksi Pembangunan, secara keseluruhan ;
m.    Membuat laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban atasan ;
n.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Seksi Pembangunan, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan    bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekcam.



SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL
Seksi Kesejahteraan Sosial, mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial, berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja ;
b.    Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
c.    Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan ;
d.    Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya ;
e.    Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja ;
f.    Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier ;
g.    Menyelenggarakan pembinaan pelayanan dan bantuan sosial ;
h.    Menyelenggarakan kehidupan keagamaan, pendidikan, olah raga, kebudayaan pariwisata dan kesehatan masyarakat serta pemberdayaan perempuan ;
i.    Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial, secara keseluruhan ;
j.    Membuat laporan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan ;
k.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

Seksi Kesejahteraan Sosial, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekcam.

SEKSI PERLINDUNGAN MASYARAKAT, KEAMANAN DAN KETERTIBAN.
Seksi Perlindungan Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana kegiatan Seksi Perlindungan Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja ;
b.    Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
c.    Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan ;
d.    Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya ;
e.    Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja ;
f.    Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier ;
g.    Menyelenggarakan pembinaan Polisi Pamong Praja ;
h.    Melaksanakan penertiban/pengawasan peraturan daerah dan keputusan Bupati ;
i.    Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Perlindungan Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, secara keseluruhan ;
j.    Membuat laporan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan ;
k.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan ;

Seksi Perlindungan Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, di pimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan pertanggung jawaban kepada Camat  melalui Sekcam.    


SEKSI PELAYANAN UMUM.
Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana kegiatan Seksi Pelayanan Umum, berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja ;
b.    Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
c.    Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan ;
d.    Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya ;
e.    Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja ;
f.    Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier ;
g.    Menyelenggarakan pembinaan pelayanan dan inventarisasi kekayaan desa/kelurahan ;
h.    Menyelenggarakan pembinaan pelayanan kebersihan, keindahan, pertamanan dan sanitasi lingkungan ;
i.    Menyelenggarakan pembinaan perijinan, sarana dan prasarana fisik pelayanan umum ;
j.    Mengkoordinasikan pelaksanaan tera ulang ;
k.    Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Pelayanan Umum, secara keseluruhan ;
l.    Membuat laporan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan ;
m.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan ;

Seksi Pelayanan Umum, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat  melalui Sekcam.

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL
a.    Kelompok jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan kegiatan teknis tertentu dalam menunjang tugas pokok Pemerintah Kecamatan sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.
b.    Kelompok Jabatan fungsional dipimpin oleh seorang Tenaga Fungsional senior yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

Share Post :