(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Dampak Hoax dan Sanksi bagi Penyebar Berita Palsu di Sosial Media

Admin kubutambahan | 05 September 2023 | 49 kali

Perkembangan internet di dunia sangatlah pesat, termasuk di Indonesia. Maraknya berita palsu di kalangan remaja bisa berdampak buruk bagi perkembangan mental remaja, penyebaran berita palsu menimbulkan keresahan di berbagai kalangan baik remaja maupun masyarakat. Untuk itu masyarakat perlu diingatkan agar memanfaatkan media sosial secara positif dan jangan mudah termakan isu tidak benar.

Perkembangan teknologi dan informasi yang makin pesat selain membawa dampak positif, ternyata juga membawa dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang cukup meresahkan adalah munculnya informasi palsu atau lebih populer dikenal dengan istilah "hoax". Ketidak tahuan dalam menelaah informasi membuat masyarakat rentan akan isu - isu atau berita palsu, fenomena inipun semakin merajalela di dunia maya dan dengan mudahnya penyebaran informasi melalui media sosial sehingga dapat menimbulkan berbagai opini masyarakat.




Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Dampak Hoax dan Sanksi bagi Penyebar Berita Palsu di Sosial Media", Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/mardanmuhamad3057/64e6290c08a8b55b1b5d52e2/dampak-hoax-dan-sanksi-bagi-penyebar-berita-palsu-disosial-media?page=all&page_images=2


Kreator: Muhamad Mardan




Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com