(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Wakili Cakub, Kasubbag Umum Sukrapa Dampingi Tim DAPD Laksanakan Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Tingkat Kabupaten di Kecamatan Kubutambahan.

Admin kubutambahan | 11 Juni 2024 | 1207 kali

Mewakili Camat Kubutambahan, Kasubbag Umum dan Keuangan I Made Sukrapa,S.Sos bersama Staf Fungsional Umum seksi Sosbud Ketut Trisila,S.Ag, mendampingi Tim Kabupaten Buleleng dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) melalui Bidang Pengembangan dan Budaya Baca  serangkaian dengan Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Tingkat Kabupaten, Selasa (11/6/2024).

Pelaksanaan penilaian Lomba Perpustakaan tingkat SD, SMP dan Desa dilaksanakan di Kecamatan Kubutambahan merupakan penilaian ke Tujuh. Dalam kesempatan ini, Kadis DAPD diwakili oleh Kabid  Bidang Pengembangan dan Budaya Baca Dra. Putu Agustini Wedayanti serta Tim Penilai Lomba Perpustakaan, diterima oleh Perbekel Desa Tambakan, Kepala Sekolah SD N 4 Pakisan, Kepala Sekolah SMP N Satap 2 Kubutambahan, Para guru dan Seluruh Siswa Siswi.

Dalam sambutanya, Kadis DAPD yang diwakili oleh Kabid Agustini mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh sekolah dan desa peserta lomba, serta pihak-pihak yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara ini.

Dijelaskan juga, Lomba perpustakaan ini bukan hanya sebuah kompetisi, tetapi juga merupakan ajang untuk mempererat silaturahmi, berbagi ilmu, dan meningkatkan kualitas perpustakaan di sekolah dan desa.

 "Melalui lomba ini, kita semua dapat belajar dan mendapatkan inspirasi untuk terus mengembangkan perpustakaan kita menjadi lebih baik lagi".harapnya.

Dalam sambutan Camat Kubutambahan, yang diwakili oleh Kasubbag Umum Sukrapa menyampaikan Perpustakaan berkaitan erat dengan pembangunan di bidang Sumber daya manusia, Budaya Literasi dapat dikatakan sebagai Pondasi pembangunan sebab Literasi menjadi dasar bagi manusia dalam mempelajari Ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu Lomba semacam ini patut kita acungi jempol karena diera globalisasi ini Perpustakaan Wajib dilaksanakan di tiap-tiap sekolah dan desa.

"Semoga lomba ini dapat melahirkan perpustakaan-perpustakaan yang berkualitas, kreatif, dan inovatif, serta mampu memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan mutu pendidikan dan literasi masyarakat"terangnya.

Camat Kubutambahan berpesan dengan lomba ini dapat memunculkan semangat para pengelola perpustakaan untuk menciptakan inovasi dalam rangka meningkatkan kesadaran melek literasi serta secara bersamaan meningkatkan kualitas dari perpustakaan itu sendiri.

"Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya pada bapak kepala sekolah dan jajarannya serta mengucapkan terima kasih untuk para pengelola yang telah mendedikasikan diri di dalam literasi tanpa kenal lelah dan menyerah".tutupnya

Hal senada disampaikan oleh, Perbekel Desa Tambakan, Kepala Sekolah SD N 4 Pakisan dan Kepala Sekolah SMP N Satap 2 Kubutambahan mengungkapkan rasa bangga karena telah ditunjuk untuk mewakili kecamatan dalam lomba perpustakaan tingkat kabupaten. 

Perbekel Tambakan menyebutkan bahwa manfaat dari adanya perpustakaan adalah untuk memajukan kehidupan bangsa, maka dengan adanya lomba perpustakaan ini semoga bisa meningkatkan minat baca masyarakat desa kami.