(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Mewakili Cakub, Kasubbag Sukrapa Hadiri Pelantikan Pengawas Kelurahan/Desa se-Kabupaten Buleleng

Admin kubutambahan | 01 Juni 2024 | 1126 kali

Mewakili Camat Kubutambahan, Kasubbag Umum dan Keuangan I Made Sukrapa,S.Sos menghadiri Pelantikan Pengawas Kelurahan/Desa se-Kabupaten Buleleng yang berlokasi di Banyualit Spa'n Resort , Sabtu (1/6/2024).

Dalam hal ini, Sebanyak 148 orang PKD dari 9 kecamatan di Buleleng secara resmi dilantik oleh Bawaslu Kabupaten Buleleng, yang nantinya akan bertugas di kelurahan dan desa di seluruh kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Ketua Bawas Buleleng I Kadek Carnawirata menyatakan, kepada seluruh tenaga PKD yang dilantik harus tetap menjaga integritas dan netralitas. Jangan sampai bermain-main dan bersinggungan dengan pidana pemilu dan melakukan tindakan-tindakan yang diluar aturan pemilu.

"Yang jelas, kami berharap bahwa jajaran ini adalah jajaran yang nantinya akan melakukan tugas sebagai perpanjangan tangan kami di desa untuk menjalankan fungsi-fungsi kawasan bawah seluruh dunia",ungkapnya.

Menurutnya tugas pertama dari PKD adalah secepatnya melakukan pemuktahiran data pemilih, sehingga data pemilih kali ini benar-benar mutahir.

Sementara Komisioner KPU Buleleng Arya Suwarnata menyatakan, ada beberapa hal terkait batas waktu pemuktahiran data di mana pihaknya menyampaikan kepada masyarakat dan badan adhoc agar benar-benar maksimal dalam penyampaian data.

Dijelaskan juga, apalagi anggota TNI/Polri yang telah purna bakti nantinya akan menjadi calon pemilih pemula. kadang-kadang kita di lembaga KPU tidak serta-merta bisa maksimal menyampaikan informasi terkait dengan pemutahiran data ini,karena itu kan ada batas waktu sedangkan dari pengalaman pemilu kemarin di ending-ending itu baru ada yang mengurus surat tidak memilih.

Untuk itu juga menjadi warning kita mudah-mudahan apa yang kita sampaikan mulai kemarin sampai hari ini, kita terus menyampaikan kepada masyarakat dan seluruh anggota adhoc agar memaksimalkan informasi terkait dengan pemutaran data ini.