(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Sebanyak 39 Tekon Lingkup Kantor Camat Kubutambahan Ikuti Simulasi CAT Jelang Tes PPPK di SMA N Bali Mandara.

Admin kubutambahan | 17 Mei 2024 | 971 kali

Kecamatan Kubutambahan menggelar simulasi Computer Assisted Test (CAT) dalam rangka persiapan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2024 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Buleleng yang bertempat diruang Lab Komputer SMA Negeri Bali Mandara, Jumat (17/5).

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Kubutambahan I Gede Suyasa,S.P didampingi Plt.Sekcam Made Artawati,SH dan Kasubbag Umum dan Keuangan I Made Sukrapa,S.Sos, serta pegawai Non ASN mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Sekolah SMA Bali Mandara yang sudah memberikan fasilitas yang sangat luar biasa ini.

Disampaikan juga, bahwa simulasi ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga honorer di lingkungan Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng dalam menghadapi seleksi Tes PPPK 2024.

"Simulasi CAT PPPK ini kita lakukan agar semua staf Tekon Kantor Camat Kubutambahan tidak merasa kebingungan saat nanti mengikuti test dan memahami alur prosesnya Karena masih ada beberapa yang sulit mengoperasikan komputer maka kita lakukan simulasi", ungkapnya, suyasa.

Kasubbag Umum I Made Sukrapa menjelaskan tentang batasan nilai dalam ujian dengan Sistem CAT. Menurutnya, dalam rekrutmen PPPK tahun ini terdapat tiga jenis soal yakni, Tes Intelejensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Kepribadian (TKP). Passing grade bagi peserta seleksi kompetensi dasar dari formasi umum, masing-masing yakni 145 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK.

Dalam simulasi, peserta diberi batasan waktu 90 Menit dalam mengerjakan 100 soal ujian. Soal diambil secara acak dari bank soal, sehingga soal yang dikerjakan oleh peserta dapat berbeda dengan peserta lainnya. “Materinya berasal langsung dari BKN, dan kita memiliki link dari BKN yang berisi sekitar 100 soal. Saya harap peserta dapat terus mempelajarinya secara berkala,” ujarnya.

Usai mengikuti simulasi CAT, Salah satu pegawai kontrak Komang Edi Yasa mengucapkan banyak terima kasih kepada Plt.Camat Kubutambahan I Gede Suyasa,S.P, Plt Sekcam Kubutambahan Made Artawati,SH dan Kasubbag Umum dan Keuangan Bapak Made Sukrapa serta para Pejabat Struktural yang sudah memberikan kesempatan bagi kita untuk bisa mengikuti uji coba seperti ini. Dan tidak lupa juga kami sampaikan banyak terima kasih kepada pihak Sekolah SMA N Bali Mandara yang sudah memfasilitasi kegiatan ini.

"Dari sini kita bisa belajar dan mengetahui mekanisme dari proses CAT terkait dengan perekrutan PPPK,meskipun masih belum maksimal nilai yang kita dapat, tapi akan terus belajar untuk mendapatkan sesuai dengan standar nilai yang sudah disampaikan"ungkapnya Komang Edi.