(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Bengkala, Desa Tua dengan beragam keunikan

Admin kubutambahan | 08 Agustus 2016 | 2285 kali

Desa Bengkala terletak di wilayah Kecamatan Kubutambahan, 300 meter diatas permukaan laut. Desa Bengkala telah ada ratusan tahun seriring dengan ditemukannya Prasasti dengan angka tahun 1103 tertanggal 22 Juli oleh Penglingsir Desa Bengkala yang bernama Pan Sawit di tepi tebing Tukad Daya Bengkala, yang mana pada saat itu pemerintahan dibawah pimpinan Sri Maha Raja Haji Jaya Pangus yang dibantu kedua permaisurinya Sri Prameswari Sri Indra Lancana dan Sri Maha Raja Dewi Sri Sasangkaja Ketana. Seperti diceritakan Kepala Desa Bengkala Made Arpana.
 
Kepala Desa Bengkala Made Arpana menuturkan, keenam lempeng prasasti tersebut memuat aktivitas masyarakat Desa Bengkala secara umum yakni bertani atau bercocok tanam.
 
 
Adapun isi dari keenam lempeng prasasti yang brangka tahun 1103 itu yakni,
1.      Bengkala boleh mengatur Daerahnya sendiri
2.      Bengkala dibebaskan dari pajak desa.
3.      Bengkala boleh memotong hewan apapun untuk upakara.
4.      Bengkala boleh memotong pohon keramata sepanjang pohon itu mengganggu
5.      Bengkala boleh mencari sumber air
6.      Bengkala diberikan mandate untuk menjaga prasasti tersebut.
 
 
Desa Bengkala yang dihuni ribuan pendudukna memiliki banyak sekali keunikan, diantaranya terdapat warga yang menyandang tuli bisu yang disandang dalm satu keluarga. Selain itu juga terdapat Komunitas Kolok yang memiliki beberapa kegiatan positif seperti menari. Desa Bengkala dikenal dengan keberadaan Janger Koloknya.

 

Kepala Desa Bengakala Made Arpana mengatakan, Desa Bengkala kini telah ditetapkan sebagai Desa Wisata dengan berbagai keunikan yang dimiliki. Desa Bengkala juga telah di akui UNESCO.
 
Kepala Desa Bengkala Made Arpana menuturkan, selain keunikan yang terlihat dari warga kolok Bengkala juga terdapat tradisi yang unik, seperti tradisi Juk-jukan yang dilaksanakan sehari sebelum Nyepi yang mana tradisi ini mirip dengan tradisi Omed-omedan. Selain itu juga terdapat tradisi Tabuh Rah saat diadakannya upacara tertentu.
 
 
Desa Bengkala dengan ribuan penduduknya adalah Desa Tua yang ada di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng yang memiliki banyak keunikan. Alam dan tardisi yang dimiliki patut dilestarikan, meskipun tergolong Desa Tua, Desa Bengkala suadah di akui Dunia. Banggalah menjadi memiliki Desa Unik sepertyi Desa Bengkala. (dyn*)
Download disini