(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Kadek Sanjaya Peraih Nilai UN Tertinggi

Admin kubutambahan | 17 Mei 2016 | 1800 kali

Dengan kondisi ekonomi yang pas pasan, Sanjaya rela jauh dari orangtua untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak.

Kadek Sanjaya, Raih UN Tertinggi Jurusan IPS Se-Bali
 
SINGARAJA, NusaBali
Kadek Sanjaya,19, salah satu siswa SMAN Bali Mandara jurusan IPS, mampu keluar sebagai peraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi di Bali. Dengan raihan nilai total 524, dia mampu menyisihkan ribuan siswa SMA se Provinsi Bali. Namun di tengah prestasinya itu, Sanjaya tidak pernah lupa akan jasa orangtuanya yang kesehariannya bekerja sebagai sopir taksi.
 
Remaja kelahiran Denpasar, 7 September 1997 silam ini mengaku tidak menyangka bisa meraih nilai tertinggi. Padahal Sanjaya tidak pernah menargetkan dirinya menjadi yang terbaik di pelaksanaan UN tahun 2016 ini. “Sempat terkejut saya, karena tidak menyangka. Tetapi bangga juga dapat mengharumkan nama sekolah,” ujar Sanjaya saat ditemui di sekolahnya, Sabtu (14/5). Sebagai peraih nilai UN tertinggi jurusan IPS di Bali  ia berhasil mengungguli Ni Nyoman Ari Tati Ratnasari (517,0) dan Nanda Amedina Putri (513,5) dari SMAN 4 Denpasar.
 
Nilai 524 yang diraih Sanjaya adalah akumulasi nilai ujian dari enam mata pelajaran. Masing-masing, Bahasa Indonesia 76, Bahasa Inggris 86, Matematika 97,6, Ekonomi 92,5, Sosial 84 dan Geografi 88. Ia menambahkan dengan raihan nilai UN tersebut ia berharap dapat diterima di Universitas Indonesia (UI) jurusan Akuntansi. Prestasi gemilang Sanjaya bukanlah pertama kalinya. 
 
Ia yang diterima di SMAN Bali Mandara pada tahun 2015 ini sempat meraih juara I olimpiade Akuntansi dan Pajak SMA/SMK se-Bali dan juga juara III olimpiade Akuntansi tingkat SMA se Bali yang dilaksanakan oleh Universtas Pendidikan Ganesha (Undiksha).
 
Baginya untuk dapat meraih suatu tujuan harus direncanakan dengan matang. Begitu pula usahanya meraih nilai terbaik pada UN. Ia mengatur waktu dengan baik dapat menolongnya untuk mewujudkan cita-cita yang diinginkan sejak masuk di SMAN Bali Mandara. Apalagi selama ia menjadi siswa di sana mendapatkan dukungan penuh dari guru-guru, kepala sekolah dan orangtuanya. 
 
Dengan kondisi ekonomi yang pas pasan, ia rela jauh dari orangtua untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak. Orangtua Sanjaya kini tinggal di Perumahan Pegending Permai, Dalung, Kuta Utara, Badung. Terlebih anak kedua pasangan Ketut Suwana dan Gusti Ayu Putu Sukerni ini ingin membahagiakan orangtua. Mampu meningkatkan taraf ekonomi keluarga tercintanya. 
 
“Diterima di sini saja sudah sangat bersyukur, karena saya dapat kesempatan mendapatkan pendidikan yang layak,” imbuhnya. Sementara itu Kepala SMAN Bali Mandara, Drs I Nyoman Darta MPd, mengaku sangat bangga atas raihan prestasi anak didiknya. “Di sini mereka dilatih tidak hanya cerdas dalam pelajaran tetapi juga penanaman karakter, sosial, disiplin dan tanggungjawab, sehingga mereka kelak benar-benar dapat menjadi pemimpin masa depan,” ungkap Darta. 7 k23
 
BIODATA
* Nama Lengkap : Kadek Sanjayahttp://www.nusabali.com/berita/4773/peraih-nilai-un-tertinggi-anak-sopir-taksi/halaman/1
* TTL : Denpasar 7 September 1997
* Alamat : Perumahan Pegending Permai, Dalung, 
  Kuta Utara Badung
* Nama Ayah : Ketut Suwana
* Nama Ibu : Gusti Ayu Putu Sukerni
* Anak : Anak ke 2 dari 3 bersaudara
* Riwayat Pendidikan : TK Thomas Aquino, SDN 2 Dalung 
  dan SMPN 3 Mengwi
* Prestasi :  - Juara I Olimpiade Akuntansi dan Pajak SMA/SMK 
     se-Bali yang diadakan UNHI tahun 2015
     - Juara III lomba Olimpiade Akuntansi tingkat SMA 
   se-Bali yang digelar Undiksha Singaraja tahun 2015
Download disini