(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

PURA GOA RAJA : PATIRTAAN DAN PENGLUKATAN

Admin kubutambahan | 27 Januari 2019 | 3112 kali

OPura Goa Raja ~ Patirtaan dan Penglukatan

Pura Goa Raja berada di kedalaman 177 meter di dasar jurang di Desa Tajun, Kubutambahan, Buleleng. Tepatnyadi sebelah timur Pura Bukit Sinunggal.

Pura ini berada di tengah goa di sebelah air terjuan. Di dalam goa yang memiliki tinggi sekitar 3 meter ini, terdapat sebuah pelinggih yang dijaga oleh 3 ekor patung naga yaitu Naga Taksaka (Iswara), Naga Anantaboga (Brahma) dan Naga Basuki (Wisnu). Sedangkan palinggihnya itu adalah melambangkan dari stana Dewa Siwa.

Di sebelah kanan air terjun ada sebuah goa kecil yang di dalamnya terdapat sebuah gentong tempat air suci yang digunakan untuk melukat. Air dalam gentong ini tidak berasal dari kelebutan ataupun pancuran namun anehnya gentong tersebut selalu terisi. Air inilah yang diyakini mampu melebur dasa mala atau kekotoran, serta memiliki khasiat untuk penyembuhan. Sebelum melakukan persembahyangan di Goa Raja, pemedek melukat terlebih dahulu di tempat ini.

Untuk mencapai Pura Gowa Raja harus menuruni ratusan anak tangga sekitar 177 meter. Selesai melukat di Pura Goa Raja bisa sekalian melakukan persembahyangan di Pura Dasar Bhuana (Pura Siwa Budha). Setelahnya mendaki sekitar 20 menit menuju Pura Bukit Sinunggal.