(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Wapres JK Kunjungi SMAN Bali Mandara

Admin kubutambahan | 07 Mei 2016 | 1073 kali

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengunjungi SMA Negeri Bali Mandara di Desa Kubutambahan Kecamatan Kubutambahan dan berharap Semangat Generasi Muda, sebagai Modal Utama Kemajuan Bangsa.

Kubutambahan, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dalam kunjungan kerja (Kunker) ke Bali menyempatkan diri mendatangi SMA Negeri Bali Mandara yang bertempat di Kecamatan Kubutambahan, pada Sabtu (7/5/2016). Kedatangan orang nomor dua di Indonesia ini, ditemani Gubernur Bali, Made Mangku Pastika beserta rombongan.

Kehadiran Wapres Jusuf Kalla ini tepat pada pukul 14.00 wita, disambut oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Wabup Sutjidra beserta SKPD lingkup Pemkab Buleleng beserta seluruh Staf dan Siswa-Siswi SMAN Bali Mandara, yang disambut dengan pementasan kreativitas anak didik SMA Negeri Bali Mandara.

Wapres RI, Jusuf Kalla mengatakan, saat ini yang menjadi tolak ukur kemajuan bangsa yakni, semangat Generasi Muda. Sebab, kemajuan bangsa itu bukan hanya bergantung dari SDM atau kekayaan alam saja, tapi semangat dari anak-anak generasi muda dalam mengahadapi tantangan, itu mampu merubah Bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

“Anak-anak masa depan kita semua. 20 tahun nanti, kemajuan bangsa ditentukan siswa saat ini, untuk lebih baik. Kita punya kekayaan alam yang baik, tapi jika dikerjakan kurang maka itu bisa dimanfaatkan orang lain. Semangat bangsa dan kemampuan Bangsa generasi muda itu yang utama,” kata Jusuf Kalla, dihadapan puluhan Siswa SMA Negeri Bali Mandara.

Jusuf Kalla mengakui, bangga kepada anak-anak didik SMA Negeri Bali Mandara, karena memiliki semangat tinggi untuk mampu merubah kehidupan sosialnya lebih baik. Namun, untuk menjadi pemimpin selalu berawal dari bawah, maka dengan berawal dari bawah itu akan tumbuh rasa semangat tinggi melalui proses panjang, untuk meraih cita-cita menjadi pemimpin.

“Saya bangga memiliki generasi muda punya semangat untuk maju ke depan. Maju kedepan untuk perubahan. Ke depannya, pendidikan semakin berat, ilmu apa saja bisa masuk, terutama soal IT. Modal utama adalah, membangun Generasi Muda untuk membangun Bangsa,” tegas Jusuf Kalla.

Gubernur Bali, Made Mangku Pastika menjelaskan, SMA Negeri Bali Mandara merupakan sekolah satu-satunya di Bali bahkan di Indonesia, yang syarat utamanya untuk bisa masuk harus warga miskin. Diakuinya, dengan sistem pendidikan yang tegas maka mampu melahirkan manusia berkarakter, untuk menjadi lebih baik dari kehidupan sebelumnya.

“Saya melihat, mereka sekarang menikmati sekolah dengan baik, mudah-mudahan mereka sadar menjadi lebih baik dan menjadi manusia berkarakter. Karena saya selalu tekankan kepada mereka, setiap butir nasi, baju, buku, dan tempat tidur, itu milik rakyat Bali yang harus dipertanggungjawabkan mereka,” tegas Pastika.

Kepala Sekolah SMA Negeri Bali Mandara, Nyoman Darta menambahkan, sekolah yang berdiri sejak tahun 2011 ini sudah mampu mencetak anak didik berprestasi di bidang akademik maupun non akademik hingga ke tingkat Internasional. Dijelaskan Darta, dibangunnya sekolah ini diharapkan, mampu melahirkan seorang Pemimpin Bangsa yang berkarakter.

160507e1“Semua siswa kami disini adalah warga miskin. Anak didik kami ini siap menjadi pemimpin bangsa ke depannya, tentunya dengan usaha yang keras dan mampu meraih perestasi hingga Internasional. Kami tanamkan semangat dan motivasi tinggi kepada mereka untuk mampu merubah status sosial mereka,” pungkas Darta.

Usai memberikan arahan kepada siswa SMA Negeri Bali Mandara, Wapres Jusuf Kalla ditemani Gubernur Pastika dan romobongan meninjau kondisi Sekolah dan terakhir Wapres Jusuf Kalla juga melakukan penanaman pohon di halaman SMAN Bali Mandara. (PW)

 

http://www.singaraya.com/2016/05/07/wapres-jk-kunjungi-sma-negeri-bali-mandara/

Download disini