(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Kecamatan Kubutambahan Hadiri Rakor Terkait Lomba Bulan Bahasa Bali Tahun 2024

Admin kubutambahan | 15 Januari 2024 | 457 kali

Dalam rangka Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 dengan tema “Jana Kerthi: Dharma Sadhu Nuraga”, yang bermakna Bulan Bahasa Bali sebagai altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri Krama Bali, Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng akan menyelenggarakan lomba terkait Bulan Bahasa Bali dengan melibatkan peserta dari 9 Kecamatan se-Kabupaten Buleleng.

Dalam kesempatan ini, Kasi Sosial Budaya Kecamatan Kubutambahan yang diwakili oleh Staf Fungsional Umum I Ketut Trisila,S.Ag,.menghadiri rapat koordinasi awal terkait dengan Lomba Bulan Bahasa Bali Tahun 2024 bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Kab. Buleleng, Senin (15/1/2024).

Rakor dibuka langsung oleh Kadis Kebudayaan Drs. I Nyoman Wisandika dengan dihadiri oleh seluruh perwakilan Kecamatan se Kabupaten Buleleng, para Juri Lomba Bulan Bahasa Bali VI dan Koordinator Penyuluh Bahasa Bali Se Kabupaten Buleleng.

Adapun Jenis lomba yang akan dilombakan nanti di tingkat Kabupaten yakni Lomba Nyurat Aksara Bali peserta SD, Lomba Nyurat Lontar peserta SMP, Lomba Debat Mebasa Bali peserta SMA/SMK, Lomba ngwacen Lontar peserta usia 19-23 Tahun, Lomba Mesatua Krama Istri peserta dari Pasikian Krama Istri /Pakis Bali, Lomba Pidarta Bahasa Bali peserta Bendesa/Kelian Desa Adat dan Lomba mengetik dengan keyboard Tamiang Aksara Bali peserta SMA/SMK.

Diharapkan masing-masing Kecamatan untuk segera menyiapkan peserta lomba yang nantinya akan menjadi wakil/duta kecamatannya di setiap jenis lomba dimaksud masing-masing 1 orang atau 1 tim.