(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

KPM dan Admin Desa Se Kecamatan Kubutambahan Ikuti Bimtek dari DPMD Kab. Buleleng.

Admin kubutambahan | 24 April 2024 | 43 kali

Pemerintah Kecamatan Kubutambahan melalui Seksi Pembangunan memfasilitasi Bimbingan Teknis Kader Pembangunan Manusia ( KPM ) dan Admin Desa pengelola Dashboard Website e-HDW 2.0 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng.

Berkenaan dengan hal tersebut, Mewakili Camat Kubutambahan,Kasi Pembangunan Ketut Juni Ardana,SE membuka secara resmi Bimtek KPM di aula Kantor Camat Kubutambahan,Rabu (24/4/2024).

Kegiatan dihadiri oleh Dinas PMD Kab. Buleleng sebagai Narasumber dari Dinas PMD Kab. Buleleng dan Tenaga Pendamping Profesional Kab. Buleleng dan diikuti oleh KPM, Admin Desa dan Admin Kecamatan Kubutambahan serta PD dan PLD Kecamatan Kubutambahan.

Kasi Juni Ardana dalam sambutanya menyampaikan bimtek ini bertujuan sebagai wujud peran serta Kecamatan dalam memfasilitasi dan mendorong terjadinya konvergensi penurunan stunting di desa dengan peningkatan kapasitas KPM serta Petugas Admin Desan."penyamaan persepsi terkait Pemanfaatan Data Stunting untuk perencanaan Desa dan untuk mengetahui penyedia layanan beserta layanannya pada program stunting di Desa". ungkapnya 

Disamping itu diharapkan peserta bimtek dapat mengetahui layanan percepatan penurunan stunting terutama kelompok sasaran stunting yang meliputi Remaja Putri, calon pengantin, Ibu Hamil, Nifas dan Balita serta keluarga beresiko stunting.

"Dalam menyukseskan penurunan stunting, peserta bimtek dapat mensosialisasikan kepada Keluarga sasaran stunting terkait wajib memiliki Dokumen Kependudukan seperti KK, KTP, Akta Kelahiran, dan lain -lain agar dapat mengakses program-program dari pemerintah terutama Jaminan Sosial maupun Jaminan Kesehatan".Harapnya

Narasumber dari Dinas PMD Kabupaten Buleleng menyampaikan kepada seluruh peserta bahwasanya penginputan data pada aplikasi E-HDW sangat penting dan kepada seluruh KPM agar bisa melakukan pendataan secara real sesuai dengan apa yang ada di lapangan, sehingga data yang disajikan nantinya bisa valid, namun yang masih menjadi kendala pada saat penginputan yaitu jaringan yang masih tidak memadai dan aplikasi E-HDW yang masih eror, harapannya kepada KPM di kecamatan Kubutambahan agar bisa tetap menjaga kekompakannya.Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Narasumber terkait tata cara penginputan pada aplikasi E-HDW.