(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Hadiri Pembinaan Satlinmas di Desa Bukti, Kasi Sukanatha Harapkan Pemberdayaan Satlinmas di Desa Tidak Terlepas dari Bentuk Perhatian Pemdes.

Admin kubutambahan | 20 Maret 2024 | 61 kali

Mewakili Camat Kubutambahan, Kasi Trantib dan Satpol PP Kecamatan Kubutambahan Made Sukanatha, S.Sos menghadiri undangan dalam rangka Pembinaan Satlinmas di Desa Bukti, Rabu 20 Maret 2024 bertempat di ruang rapat Kantor Perbekel Bukti.

Acara dibuka oleh Perbekel Desa Bukti Gede Wardana didampingi Babinkamtibmas,Babinsa Desa Bukti, Sekdes dan Kasi Pemerintahan selaku Ka.Pelaksanakan Satlinmas Desa dengan dihadiri Anggota Satlinmas Desa Bukti.

Dalam hal ini, Selaku Narasumber Kasi Trantib Made Sukanatha menyampaikan bahwa pembinaan ini dilaksanakan dalam rangka refreshing dan restrukturisasi organisasi Satlinmas Desa Bukti. Dengan memberikan beberapa arahan paparan materi tentang Tugas Pokok dan Fungsi Satlinmas dlm melaksanakan tugas - tugas Perlindungan Masyarakat yang mengacu pada Permendagri 84 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat dan Permendagri 26 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat. 

Ditambahkan juga, pentingnya pengetahuan dan pemahaman terhadap tupoksi Satlinmas, sehingga dari pengetahuan tersebut Satlinmas dapat bertugas dengan baik sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku. 

" Pemberdayaan Satlinmas di Desa bisa berjalan dengan baik dan berkelanjutan dan itu tidak terlepas dari bentuk perhatian dari Pemerintah Desa, sehingga tugas - tugas pelayanan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat dapat betul - betul dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat " harapnya.

Beliau juga menyampaikan pada hakekatnya prinsip Perlindungan Masyarakat adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana serta upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana, membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, dan membantu kegiatan sosial kemasyarakatan. "Untuk itulah peran Satlinmas sangat diperlukan dalam menjaga kondusifitas wilayah desa, sehingga masyarakat dapat melaksanakan kegiatan sehari - hari  tanpa ada rasa was - was dan ancaman terhadap keselamatan mereka",ungkapnya.