(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Konvergensi percepatan penurunan Angka kematian ibu dan bayi di Kecamatan Kubutambahan

Admin kubutambahan | 25 Oktober 2021 | 283 kali

Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng Selaku penyelenggara kegiatan "Konvergensi percepatan penurunan Angka kematian ibu dan bayi di Kecamatan Kubutambahan" Senin, 25 oktober 2021, pkl.  9.00 sd 12.00 di gedung pertemuan SMA Bali Mandara .

Hadir Camat Kubutambahan dalam kesempatan ini di wakili oleh kasi Sosbud Nyoamn Armoni ,  Kapusk I Dan II,  Danramil, PLKB kec kubutambahan, perbekel sek kec kubutambahan,  ketua TP Pkk se kec.  Kubutambahan,  Bides sec kec.  Kubutambahan


Acara dibuka oleh dr.  Sucipta S. ked, MAP (Kabis Kesmas dinkes kab bll)  sekaligus pemaparan situasi kematian Ibu dan Bayi Di kab bll yaitu sd oktober mencapai 25 org yg paling tinggi penyebabnya adlh pendarahan sedangkan di kbth ada ibu yg meninggal akibat covid 19.. ak kematian bayi di kab bll mencapai 75 org sd bln oktober 2021 oleh karena itu dihimbau untuk melakukan percepatan vaksinasi covid 19 ibu hamil.

dilanjutkan dengan Materi kedua disampaikan oleh Dr.  yoni selaku kepala Puskesmas Kubutambahan 1, Disampaikan oleh beliau kurangnya kesadaran ibu hamil untuk datang ke puskesmas untuk pemeriksaan ANC karna hanya dipuskesmas yg menyediakan pemeriksaan terintegrasi yaitu antara ANC dg HIV, spilis,  hepatitis.. Sehingga jika salah satu ibu malih terjangkit salah satu dr penyakit tsb sehingga segera bisa diintervensi penangannya. 

disamping itu juga Bid promkes pusk kubutambahan 2 menyampaikan bahwa ibu hamil sudah tinggi kesadaranya untuk memeriksakan diri ke pusk namun masih rendahnya kualitas pemeriksaan.

Perbekel bulian sebagai peserta sosialisasi menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi keg ini,,  beliau selalu memberikan dorongan kpd ibu melalui bides dan kader kader pada tiap" kesempatan ataupun forum" sehingga di bulian tk kesehatan ibu dan bayi meningkat 


Kegiatan yag dilakukan sehinga mendukung keg konvergensi AKi :

1. Anc terpadu

2. Kelas ibu hamil

3. Kelas ibu balita

4. Pembentukan pola percepatan penurunan AKi tk kec 

5. Vaksinasi covid 19

6. Jampersal