(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

37 Peserta Ikuti Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

Admin kubutambahan | 14 Desember 2015 | 925 kali

Dalam Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 ditegaskan bahwa kepramukaan adalah kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah, ini adalah sebuah sinyalemen bahwa pemerintah berharap kepada Gerakan Pramuka untuk membangun karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan. Senin(14/12) sore bertempat di Ruang Pertemuan SMK Bali Mandara kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar digelar. Sebelumnya pada Rabu, 9 Desember 2015 Pembukaan Kemah Terpadu di gelar yang di barengi dengan pengukuhan 51 Kamabigus Kwartir Ranting Kubutambahan. Kegiatan sore itu dihadiri oleh Wakil Ketua III Kwartir Cabang Buleleng, Pelatih Pasupati Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kubutambahan, Camat Kubutambahan selaku Ka. Mabiran Kubutambahan, Perwakilan Polsek Kubutambahan dan Koramil Kubutambahan, Kepala UPP Kecamatan Kubutambahan, Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang  Buleleng, Pengurus Kwartir Ranting Kubutambahan, Panitia Pelaksana KMD mandiri Kwarran Kubutambahan dan Seluruh peserta KMD. Dengan mengambil tema kegiatan “Melalui Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) Mandiri Pola Segmental Kita Cetak Pembina Pramuka yang Cerdas, Berkarya dan Berkarakter Dalam Dunia Pengabdian Tanpa Batas“ Kegiatan yang berlangsung dari 14 Desember 2015 s/d 19 Desember 2015 ini bertempat di SMK Bali Mandara dengan System 3(tiga) hari pemblajaran di kelas dan 3(tiga) hari berkemah.

Pembukaan Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir di tingkat Dasar ini diawali dengan penyampaian laporan oleh panitia penyelenggara kegiatan tersebut. Disampaiakan bahwa sebanyak 37 peserta yang terdiri  dari calon pembina siaga sebanyak 31 orang dari 30 pangkalan SD se-Kecamatan Kubutambahan, calon pembina pramuka penggalang sebanyak 2 orang dari pangkalan SMP se-Kecamatan Kubutambahan dan calon pembina penegak sebanyak 4 orang dari 3 Pangkalan SMA/SMK se-Kecamatan Kubutambahan.

Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua III Kwartir Cabang Buleleng Made Arya Sukerta menyampaikan sambutan Ketua Kwartir Cabang Buleleng, dalam sambutannya beliau menyampaikan kebutuhan pembina yang memiliki kompetensi  harus dipenuhi sehingga mampu mangayomi, mengkordinir dan memberikan pembinaan yang komperhenship kepada kaum muda yang tergabung dalam gerakan pramuka di gugus depan maupun satuan karya pramuka, dalam akhir sambutannya beliau berharap kepada Panitia KMD, agar menyiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan sehingga kegiatan KMD dapat berjalan dengan lancar, selain itu harapannya juga disampaikan kepada pimpinan kursus pelatihan dan pemateri agar menyampaikan materi dengan baik, sistimatis dan tidak membosankan peserta sehingga apa yang menjadi sasaran dari kegiatan ini dapat dicapai dan untuk para peserta diharapkan agar bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik dan seksama sehingga dapat menjadi bekal bagi peserta untuk membina peserta didik masing-masing. Kegiatan Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar tersebut resmi dibuka dengan  ditandai penancapan kapak kegiatan oleh Wakil Ketua III Kwartir Cabang Buleleng yang didampingi Camat Kubutambahan selaku Kamabiran Kubutambahan dan Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kubutambahan.