(0362) 21745 kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan
Penilaian Lomba Perpustakaan Desa Tahun 2021 di Desa Tunjung Kecamatan Kubutambahan.
Admin kubutambahan | 07 April 2021 | Dibaca 33 kali

Setelah Melaksanakan Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah di SMP N .1 Kubutambahan Kemarin, Tim Kabupaten Buleleng yang di Pimpin Langsung oleh Kepala Dinas Arsip dan  Perpustakaan Daerah Kab Buleleng Dr Drs I Ketut Suweca, M.Si didampingi Camat Kubutambahan Drs Made Suyasa,M.Si,. Melaksanakan Penilaian Lomba Perpustakaan Desa Tahun 2021 di Desa Tunjung Kecamatan Kubutambahan, Rabu (7/4 ).

 

Tim Penilai Perpustakaan  Kabupaten Buleleng diterima Langsung oleh Perbekel Desa Tunjung I Made Sadia  Di Kantor Perbekel Desa Tunjung, Rabu (7/4 ).  Perpustakaan Desa Tunjung " SANATANA " yang artinya tiada awal dan tiada akhir untuk ilmu pengetahuan, merupakan perwakilan dari Kecamatan Kubutambahan.

 

Camat Kubutambahan, Drs Made Suyasa, M.Si,.menyampaikan bahwa Perpustakaan memiliki peran vital dalam segala lini, sehingga sangatlah penting untuk diselenggarakan ditengah kemajuan jaman . Selain  itu beliau juga mengapresiasi semangat Desa Tunjung dalam mengikuti dan menyukseskan lomba perpustakaan Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2021.

 

Disamping itu juga, Cakub Suyasa terus menekankan bahwa di masa pandemi covid -19 Perbekel di harapkan untuk terus menghimbau warga masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan covid -19 dengan memakai masker dan menjaga jarak.

 

Kadis DAPD Kab Buleleng Dr Drs I Ketut Suweca, M.Si dalam arahanya menyampaikan bahwa sesuai dengan UU No 34 Tahun 2007 tentang perpustakaan, dimana ada beberapa lembaga-lembaga yang dibentuk untuk memperkuat perpustakaan baik di tingkat pusat, di tingkat provinsi maupun di tingkat daerah. Seperti Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng. Akan tetapi disadari bahwa eksistensi perpustakaan, keberadaan perpustakaan itu tidak bisa dikelola oleh lembaga-lembaga itu saja. Harus ada partisipasi aktif baik oleh lembaga formal maupun secara lembaga informal yang ada di masyarakat. 

 

Beliau juga menambahkan selain perlombaan antar Desa, perlombaan ini juga telah dilaksanakan antar sekolah dengan melaksanakan pendampingan terlebih dahulu, dengan Tujuan utama agar masyarakat memiliki minat belajar, minat baca dan kegemaran membaca.

 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan profil perpustakaan Sanatana oleh Kepala Perpustakaan dan dilanjutkan dengan penilaian setiap item oleh Tim Penilai Perpustakaan Kabupaten Buleleng.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh, Tim Penilai Perpustakaan Kab Buleleng dari DAPD Kab Buleleng, Tim Kecamatan Kubutambahan, Ketua BPD, Perangkat Desa dan Pengelola Perpustakaan Sanatana Desa Tunjung.

 

Share Berita Ini :