(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Perpusatakaan "Widya Parampara " SMP N 1 Kubutambahan ikuti Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMP Tahun 2021

Admin kubutambahan | 06 April 2021 | 427 kali

Camat Kubutambahan, Drs Made Suyasa,M.Si,  dampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab Buleleng Dr. Drs I Ketut Suweca, M.Si, dalam rangka Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMP Tahun 2021 yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMP N 1 Kubutambahan Nyoman Budiastana,S.Pd,.di Sekolah SMP N 1 Kubutambahan, Selasa (6/4 ).

 

Perpustakaan SMP N 1 Kubutambahan " Widya Parampara " merupakan perwakilan dari Kecamatan Kubutambahan. Tujuan dari diselenggarakan lomba perpustakaan sekolah adalah untuk meningkatkan kinerja mutu , peran perpustakaan, dan mewujudkan budaya baca di lingkungan sekolah.

 

Camat Kubutambahan, Drs Made Suyasa,M.Si,. Menyampaikan perpustakaan berfungsi untuk mendukung Sistem Pendidikan Nasional sebagaimana diatur dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Perpustakaan merupakan pusat sumber informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, dan kebudayaan. 

 

Disisi Lain, Sesuai Dengan UU No 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, bahwa dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi yang berupa karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam.

 

Cakub Suyasa juga mengharapkan di situasi masa pandemi covid -19 dan perpanjangan PPKM Skala Mikro, Kepala sekolah SMP N 1 Kubutambahan ikut menyuarakan dan menghimbau kepada para guru dan siswa siswi untuk selalu mematuhi protokol kesehatan covid -19 dan selalu menjaga kesehatan .

 

Kepala DPAD Kab Buleleng Dr. Drs I Ketut Suweca, M.Si, dalam sambutanya menyampaikan  

Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

 

Disamping itu, Kepala DPAD menyampaikan Dimana ada Sekolah yang mengabaikan ataupun menelantarkan Perpustakaan maka sekolah itu tidak akan maju dan SDM dari output dari  sekolah itu tidak bagus. 

 

Oleh karena itu, diharapkan keberadaan perpustakaan benar-benar menjadi wahana pembelajaran dan pedoman bagi pertumbuhan dan perkembangan guru, murid dan masyarakat yang cerdas dan selalu dijaga untuk manfaat dan kesejahteraan yang lebih luas .

 

Sementara itu, Tim Melanjutkan melakukan penilaian ke ruang perpustakaan yang diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan SMP N 1 Kubutambahan, Drs Amam Basari.

 

Hadir dalam lomba ini, Tim Penilai Perpustakaan Kabupaten Buleleng, Tim Kecamatan Kubutambahan, Para Guru SMP N 1 Kubutambahan.