(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Kerjasama Dinas PMD,CRI Jogjakarta dan MBM Foundation Bali Gelar Pelatihan Teknis Tata Kelola Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) di Kecamatan Kubutambahan

Admin kubutambahan | 19 Maret 2024 | 255 kali

Upaya Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam mendukung digitalisasi data untuk penyelenggaraan pelayanan pemerintahan desa semakin diperkuat. Hal ini terungkap dari pelaksanaan kegiatan Pelatihan Teknis Tata Kelola Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Buleleng, bekerja sama dengan Combine Resource Institution Jogjakarta dan MBM Foundation Bali untuk 129 Desa di Kabupaten Buleleng, Selasa (19/3/2024) bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Kubutambahan.

Acara Pelatihan Teknis Tata Kelola Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) di Kecamatan Kubutambahan sudah memasuki Gelombang ke - 5 yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas PMD Buleleng dalam kesempatan ini diwakili oleh Madong Hartono, S.Pd, didampingi Camat Kubutambahan yang di wakili oleh Kasi Pembangunan Ketut Juni Ardana,SE peserta bimtek Perbekel Desa Se Kecamatan Kubutambahan dengan menugaskan Kasi/Kaur - Operator SID.

Dalam Kesempatan ini, Camat Kubutambahan yang diwakili Kasi Ketut Juni Ardana mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan bimtek di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Diharapkan dengan pelatihan teknis tata kelola data dalam aplikasi SID ini akan dapat meningkatkan kapasitas para pengelola SID, terutama peningkatan pemahaman dan pengetahuan terkait SID. Sehingga kedepan SID akan semakin bermanfaat dalam menunjang pelayanan penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng serta sebagai Aplikasi Pengelola Data di tingkat desa.

Adapun materi-materi yang diberikan pada pelatihan ini diantaranya mengenai Metadata dan Standarisasi Data oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Buleleng, Review Data Kependudukan, Modul Kependudukan, Modul Statistik, dan Modul Cetak Surat dari perwakilan CRI bersama dengan Yayasan MBM dan Dinas PMD, serta materi terkait Keamanan dan Perlindungan Data dari perwakilan Dinas Kominfosanti Kab. Buleleng.