(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Tim UKS Kecamatan Kubutambahan Gelar Rakor

Admin kubutambahan | 18 April 2024 | 59 kali

Dalam persiapan evaluasi dari Tim UKS Kabupaten Buleleng Tahun 2024, Tim UKS Kecamatan Kubutambahan mengadakan rapat koordinasi yang bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Kubutambahan, Kamis, 18 April 2024.

Acara dibuka dan dipimpin langsung oleh Camat Kubutambahan dalam kesempatan ini diwakili Plt. Kasi Sosbud I Kadek Heni Herawati,SE dengan dihadiri oleh Korwil Disdikpora Kecamatan Kubutambahan, Penyuluh Agama Hindu Kecamatan Kubutambahan, Tim Pembina UKS Kec. Kubutambahan, Kepala Sekolah SMP N Satap 2 Kubutambahan, Kepala Sekolah SD N 6 Tamblang dan Kepala Sekolah TK Taman Kumara Bina Putra Tamblang.

Plt. Kasi Sosbud Heni Herawati menyampaikan bahwa usaha kesehatan sekolah atau disingkat dengan UKS adalah merupakan program Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah. Dengan melalui program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal sehingga bisa menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Disamping itu diharapkan melalui rakor ini, Tim UKS Kecamatan Kubutambahan bisa berkerjasama dengan baik agar apa yang menjadi tujuan bisa berjalan sesuai dengan harapan. Melaksanakan pembinaan dan monitoring UKS di sekolah,TK, SD, dan SMP sesuai tugas yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Tim UKS Kecamatan Kubutambahan Tahun 2024.

"seperti yang di sampaikan pada rakor di Kabupaten, pembinaan agar tetap dilaksanakan walaupun saat ini tidak ada Lomba Sekolah Sehat ( LSS ) Tingkat Provinsi Bali maupun Tingkat Nasional"ungkapnya.

Ditambahkan juga oleh, Korwil Disdikpora Kecamatan Kubutambahan bahwa bagi sekolah yang ditunjuk jangan ini dipakai beban, tetapi bagaimana momen ini sebagai proses untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam pelaksanaan program Trias UKS dapat berjalan di lingkungan sekolah secara berkelanjutan.

Disisi lain, Koordinator Penyuluh Agama Hindu Kecamatan Kubutambahan menekankan pada sisi sarana dan prasarana praktek keagamaan Hindu diantaranya tempat ibadah yang bersih dan pamplet model persembahyangan yang bisa ditiru oleh anak-anak.