(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Duta Kecamatan Kubutambahan,SMA Bali Mandara Raih Juara 1 Tingkat Kabupaten Buleleng Dalam Lomba Debat Bahasa Bali Tingkat SMA/SMK

Admin kubutambahan | 12 Februari 2024 | 613 kali

Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 dengan tema “Jana Kerthi: Dharma Sadhu Nuraga”, yang bermakna Bulan Bahasa Bali sebagai altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri Krama Bali.

Dalam Katagori Lomba Debat Bahasa Bali Tingkat SMA/ SMK yang mana SMA Negeri Bali Mandara Merupakan Duta Kecamatan Kubutambahan berhasil meraih juara 1 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras siswa siswi dalam belajar dan pembina debat Bahasa Bali di SMA Negeri Bali Mandara.

Adanya lomba debat Bahasa Bali akan melatih kemampuan siswa siswi dalam berpikir kritis dan mampu mencari solusi dalam setiap masalah. Selain itu, keberhasilan SMA Negeri Bali Mandara meraih juara debat Bahasa Bali tingkat Kabupaten akan menjadikan motivasi bagi siswa yang lain untuk mempertahankan adat, agama, dan budayanya khusunya di bidang sastra dan Bahasa Bali.

Menurut salah satu peserta Kadek Frisca yang berasal dari Desa Tajun menjelaskan cukup senang dan bahagia setelah mengikuti lomba. " jadi rasanya setelah dapat juara itu awalnya tidak percaya, karena pada saat masuk semifinal, kita berhadapan dengan saingan yang kita sudah takuti dari awal, tapi ternyata juri menganggap kita lebih mampu dan akhirnya kita masuk final, di final juga menurut kita saingannya tidak terlalu berat dan akhirnya kita bisa mendapat juara satu",ucapnya.

Meskipun dalam latihan yang tidak terlalu efektif karena libur, dimana kita cuma dapat waktu latihan seminggu lebih tapi kita tetap berjuang keras. " Suksme tyang aturkan sareng bapak camat lan ibu kasi sosbud miwah guru pembina sampun preside ngicen support lan motivasi (terima kasih kami sampaikan kepada bapak camat beserta Ibu Kasi sosbud dan guru pembina atas support dan motivasinya)",tutupnya.

Plt.Camat Kubutambahan I Nyoman Arya Lanang mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta lomba yang mana merupakan Duta Kecamatan Kubutambahan."Kami atas nama lembaga mengucapkan banyak terima kasih dan untuk yang tidak dapat juara jangan berkecil hati, jangan menyerah",ucapnya.

Disamping itu, Beliau juga menjelaskan untuk para juara nantinya akan dibina kembali untuk mengikuti lomba tingkat provinsi pada tanggal 19-20 Pebruari 2024."untuk itu terus melakukan persiapan sehingga nantinya dalam ajang perlombaan di tingkat Provinsi Bali mampu menampilkan yang terbaiknya sebagai Duta Kabupaten Buleleng," harapnya