(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Plt. Camat Arya Lanang Hadiri Pengukuhan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Tajun.

Admin kubutambahan | 21 Maret 2024 | 77 kali

Plt. Camat Kubutambahan I Nyoman Arya Lanang Subahagia Putra,S.STP,M.AP menghadiri Sosialisasi dan edukasi penanggulangan bencana tanah longsor dan pengukuhan Desa Tajun sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana), Kamis/21 Maret 2024 bertempat di Kantor Perbekel Desa Tajun.

Sosialisasi dihadiri Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, S. STP., M.A.P. bersama Tim ( BPBD, Basarnas, PMI ), Perbekel Desa Tajun bersama Perangkat Desa Tajun, Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Tajun, Anggota Satpol-PP Kecamatan Kubutambahan, Kelian Desa Adat Tajun, Tokoh Masyarakat Desa Tajun, Forum

Acara diawali dengan sambutan dan pembacaan SK Perbekel Desa Tajun tentang Penetapan Desa Tangguh Bencana oleh Sekretaris Desa, Kadek Budi Adnyana dan selanjutnya Desa Tajun secara resmi dikukuhkan sebagai Destana Ke - 7 oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng.

Dalam sambutanya, Perbekel Desa Tajun I Gede Agustawan,SH menyampaikan bahwa setelah dikukuhkan Desa Tajun Sebagai Destana bertambah lagi tanggung jawab pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana. 

Untuk itu, beliau berharap apa yang menjadi Tema dari HUT Kota Singaraja Bulatkan Tekad Wujudkan Rasa Bangga, bisa menjadi Acuan ataupun pedoman setelah dikukuhkan Desa Tajun sebagai Destana. "Bulatkan Tekad untuk mewujudkan rasa aman, tentram dan bangga kepada desa tajun serta wujudkan rasa memiliki untuk desa kita", harapnya.

Disamping itu, Plt. Camat Kubutambahan Arya Lanang mengapresiasi Perbekel Desa Tajun terkait dengan dikukuhkannya sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana). "Terkait itu agar apa yang menjadi indikator - indikator penilaian ketangguhan Desa dalam menanggulangi bencana yang masuk dalam kegiatan penilaian lomba desa bisa dipahami dan tindak lanjuti", ungkapnya.

Disisi lain, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, S. STP., M.A.P.berharap dari dibentuknya Destana di Desa Tajun adalah agar dapat memberikan dampak yang bisa dirasakan seluruh masyarakat Desa Tajun khususnya dalam pengurangan risiko bencana, terutama di musim penghujan ini. Para relawan desa dapat sigap bergerak sebagai garda depan saat terjadi bencana dengan dikoordinir oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa.

"Desa Tajun merupakan Destana Ke - 7 yang dikukuhkan, untuk itu kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemdes Tajun yang telah mewujudkan visi ketangguhan desa dalam penanggulangan bencana, dimana membutuhkan kolaborasi berbagai pihak yang biasa kita sebut pentahelix. Unsur-unsur ini meliputi pemerintah, dunia usaha, akademisi, media massa, dan tentunya masyarakat. " jelasnya. 

Setelah pengukuhan dilaksanakan sosialisasi, edukasi, dan simulasi dari BPBD, Basarnas dan PMI Kabupaten Buleleng.