(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Kecamatan Kubutambahan Hadiri Rakor Persiapan Penyebaran Nyamuk ber-Wolbachia.

Admin kubutambahan | 08 November 2023 | 348 kali

Perlu dijelaskan kembali Wolbachia adalah bakteri yang dapat tumbuh alami pada serangga, terutama nyamuk . Bakteri tersebut dapat melumpuhkan virus dengue yang terdapat pada nyamuk aedes aegypti sehingga tidak dapat menularkan virus dengue pada manusia. Dalam program ini, bakteri Wolbachia dimasukan ke telur nyamuk aedes aegypti.

Dalam Kesempatan ini, Mewakili Ketua TP PKK Kecamatan Kubutambahan, Kasi Sosial Budaya Ni Nyoman Armoni bersama staf menghadiri rapat koordinasi proses persiapan implementasi dalam kegiatan percepatan pengendalian DBD menggunakan metode Wolbachia. Proses persiapan ini menyangkut: sosialisasi/ pemberdayaan masyarakat, pelatihan kader, identifikasi rumah untuk penempatan wadah telur nyamuk serta penilaian tingkat penerimaan masyarakat. Terkait manajemen pengelolaan isu dan rencana teknis penyebaran nyamuk ber-Wolbachia, bertempat di Banyualit Spa'n Resort jln lovina, kalibukbuk kec buleleng kabupaten buleleng, Rabu, 8 November 2023.

Sekdis Budiastawan menyampaikan bahwasannya program ber-Wolbachia adalah metode pendukung penurunan penyebaran kasus DBD di Buleleng melalui penyebaran benih nyamuk yang memiliki bakteri alami bernama Wolbachia. “Wolbachia ini sudah diuji di Jogja dan hasilnya sangat baik. Kasus DBD turun mencapai 77% dan laporan dari rumah sakit pun juga turun hingga 87%,” ujarnya.

Terkait itu, pihaknya optimis program dimaksud berhasil pula diterapkan di Buleleng, tentunya dibarengi dengan dukungan masyarakat dalam pelaksanaannya nanti pada November ini. 

Sementara itu, dalam paparan oleh pihak WMP Indonesia, Novita Nandika menerangkan nantinya telur nyamuk ber-Wolbachia akan ditebar ke rumah-rumah warga untuk kemudian dirawat atau menjadi orang tua asuh. Masing-masing titik penyebaran telur nyamuk diberikan satu wadah dengan jumlah 500 telur. Pihaknya menekankan bahwasanya target maksimal keberhasilan penetasan telur adalah 250 nyamuk. Nantinya nyamuk dengan bakteri Wlobachia itu akan “bergaul” dengan nyamuk lokal dan berkembangbiak bersama dengan bakteri Wolbachia yang akan mengakhiri rantai wabah DBD di Buleleng.

Terkait hal itu, Kasi Sosbud Armoni menyampaikan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan yang mana untuk daerah Buleleng Timur akan dilaksanakan tanggal 8 Januari 2024, yang mana kecamatan kubutambahan ada 2 desa yaitu desa kubutambahan dan desa tamblang penyebaran akan dilaksanakan melalui orang tua asuh dimasing-masing desa yang sudah di tunjuk wolbachia sesuai pemantauan oleh tim wmp.