(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Camat Suyasa Dampingi Pelaksanaan Upesaksi Upacara Pemahyu Jagat Buleleng di Pura Bukit Sinunggal Desa Tajun

Admin kubutambahan | 11 Mei 2021 | 541 kali

Bertepatan dengan rahina Tilem Sasih Jiyestha Wuku Pujut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melaksanakan Bhakti Upasaksi Pemahayu Jagad Buleleng di beberapa Pura yakni Pura Melanting, Pura Segara Penimbangan, dan Pura Bukit Sinunggal, Selasa (11/5). Upacara persembahyangan ini dipuput oleh Ida Pandita Dukuh Tri Budha Natha Gni saking griya Gede Bajra Sidhi.

Upacara persembahyangan Bhakti Upesaksi Pemahayu Jagad Buleleng ini dipimpin langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST didampingi Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG., serta dihadiri oleh Sekda Buleleng, Drs. Gede Suyasa,M.Pd, Camat Kubutambahan Drs Made Suyasa,M.Si,. Camat Se Kab Buleleng serta beberapa Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Buleleng.

Usai melaksanakan Persembahyangan di Pura Bukit Sinunggal Desa Tajun,  Cakub Made Suyasa menyampaikan bahwa ' Hari ini merupakan Tilem Sasih Jiyestha yang dalam konsep Agama Hindu merupakan hari yang sangat suci dan upacara ini dilaksanakan guna menghilangkan segala macam jenis merana sasab dan gering agung yang terjadi saat ini seperti Covid-19 dan Tirta di tiga pura itu dilingkup / disatukan dipura Pucak Bukit sinunggal dan keparekang ke seluruh Desa se Kabupaten Buleleng.

 

Cakub Suyasa mengatakan melalui pelaksanaan kegiatan upacara ini sebagai bentuk permohonan kehadapan Sang Hyang Widhi Wasa sebagai penguasa alam semesta agar beliau selalu memberikan perlindungan kepada alam semesta beserta isinya dan wabah ini cepat berlalu sehingga kehidupan umat manusia bisa berjalan normal kembali.