(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Pelatihan Tata Rias Kader PKK Desa Tunjung

Admin kubutambahan | 08 September 2021 | 240 kali

Pada hari ini Rabu, 8 September 2021 bertempat di Aula Kantor Perbekel Tunjung dilaksanakan kegiatan Pelatihan Tata Rias Untuk Kader PKK Desa Tunjung. Kegiatan yang dihadiri Kader PKK Desa Tunjung ini juga dihadiri Tim PKK Kabupaten Buleleng dan Kecamatan Kubutambahan yang bertindak sebagai narasumber.

Hari ini Perbekel Desa Tunjung yang diwakili oleh I Made Purnaysa selaku Kasi Pemerintahan dalam sambutannya menyampaikan banyak terimakasih kepada Tim PKK Kabupaten Buleleng selaku narasumber karena telah melaksanakan pelatihan Tata Rias untuk PKK Desa Tunjung. Pelatihan seperti ini sangat membantu PKK Desa Tunjung untuk lebih mengenal dan tau Tata Rias yang baik dan benar. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan menjadi peluang usaha yang dapat dilaksanakan Kader PKK Desa Tunjung.

Dalam sambutanya, Tim PKK Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Sekretaris PKK Kabupaten Buleleng (Ny. Janarti Sutrisna) menyampaikan beberapa hal yang menjadi tujuan dilaksanakannya Pelatihan Tata Rias Kader PKK. Pelatihan ini juga diharapkan menjadi pemicu minat PKK Desa Tunjung dalam hal Tata Rias sederhana.

Narasumber yang pada hari ini menghadirkan Ny. Dyah Pramuditawali selaku Pokja 2 Tim PKK Kabupaten Buleleng serta Pemilik Salon Sandat SIngaraja menyampaikan beberapa hal terkait pengetahuan dasar tata rias yang sederhana. Setelah itu langsung dilaksanakan kegiatan praktek tata rias yang langsung dicontohkan oleh narasumber. Tidak hanya itu, narasumber juga meminta bantuan satu orang relawan PKK Desa Tunjung untuk ikut mempraktekan pelatihan Tata Rias. Pada kesempatan ini, beliau juga memberikan tatanan atau urutan dalam merias wajah yang sederhana. Selain itu beliau juga menenkankan untuk melakukan tatanan dengan baik dan benar untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Disela-sela praktek tata rias, narasumber memberikan himbauan kepada peserta pelatihan agar dalam memilih kosmetik yang digunakan harus mengecek lebih teliti lagi. Pengecekan yang paling sederhana yang dapat dilakukan adalah melihat kondisi fisik atau bungkus luar kosmetik. Selain itu label dan ijin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) juga sangat penting untuk dicek untuk mengetahui kosmetik yang digunakan aman atau tidak. Tanggal kadaluarsa juga sangat penting dicek dalam proses penggunaan kosmetik sehingga dalam penggunaannya kosmetik yang digunakan tidak menjadi berbahaya untuk kesehatan kulit.

Selain itu, pada kesempatan ini juga dilaksanakana penyerahan bingkisan dari Tim PKK Kabupaten Buleleng untuk Kadek PKK Desa Tunjung yang diwakili oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tunjung (Ni Luh Purni Sadia). Bingkisan ini merupakan satu paket lengkat alat tata rias yang sederhana. Diharapkan dengan ini PKK Desa Tunjung bisa belajar sendiri untuk lebih memaksimalkan pengetahuan yang telah diberikan. Setelah acara pelatihan, dilaksanakan kegiatan foto bersama dan penyerahan Piagam untuk peserta pelatihan Tata Rias Desa Tunjung.