(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

CAMAT SUYASA HADIRI BURSA INOVASI DESA DI DESA BULIAN KECAMATAN KUBUTAMBAHAN.

Admin kubutambahan | 25 September 2019 | 444 kali

Camat Kubutambahan Drs Made Suyasa,M.Si menghadiri acara Bursa Inovasi Desa / Program Inovasi Desa Kecamatan Kubutambahan Tahun 2019, di Aula Kantor Desa Bulian Kecamatan Kubutambahan,Rabu (25 /9 ).

Ketua TPID Kec Kubutambahan dalam laporannya menyebutkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa, dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

Dan pada kesempatan ini, diharapkan untuk semua perwakilan Desa agar mengisi Kartu Ide (Inovasi Baru) yang nantinya bisa diinput ke Bursa Inovasi serta mengisi Kartu Komitmen yang merupakan adopsi usulan dari Bursa Inovasi yang ada untuk nantinya bisa dicantumkan dalam RKP TA. 2020.

Camat Kubutambahan Drs Made Suyasa, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan bursa inovasi desa pada tahun ini berpedoman pada beberapa dasar hukum yakni UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Peraturan Pemerintah RI Nomor 60 Tahun 2014, Permendes No 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Disamping itu, Camat Suyasa berharap setelah pelaksanaan Bursa Inovasi Desa ini, Desa dalam hal ini Perbekel, BPD dan Masyarakat Desa Se Kecamatan Kubutambahan dapat mengadopsi inovasi desa yang ditampilkan ditempat ini dalam perencanaan pembangunan desa tahun 2020 dan memasukkan dalam rencana Kerja Pemerintah Desa ( RKPDesa ) dan APBDesa Tahun 2020 sesuai dengan potensi desa dan berinovasi dalam penggunaan dana desa agar tercapai tujuan yakni pengentasan kemiskinan dan menekan angka stunting.

Seperti yang di ungkapkan TA dari Dinas PMD bahwa Bursa Inovasi Desa adalah program untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa, dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa.

Disamping itu, Pendamping Desa menyampaikan bahwa proses ini dapat dimanfaatkan sebagai pertukaran pengalaman dari satu desa ke desa lainnya, sehingga tumbuh semangat untuk melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pembangunan desa. dengan adanya Bursa Inovasi Desa, dapat memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara nasional dan partisipatif.

Hadir Dalam Kesempatan ini, Kepala Dinas PMD Kab Buleleng atau yang mewakili , TA Kabupaten Buleleng beserta Anggota, Ketua TPID Kecamatan Kubutambahan, Kasi Pembangunan Kecamatan Kubutambahan Ketut Juni Ardana,SE, Perbekel dan Plh. Perbekel Se - Kecamatan Kubutambahan, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, Ketua BPD Se Kecamatan Kubutambahan dan Para Peserta Bursa Inovasi.