(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Mengambil Tema “Pemberdayaan Masyarakat Berkebutuhan Khusus melalui Program "Sign Language Based Education Through Augmented Reality (LENTERA)” UCDP Berkerjasama Dengan HAC Melaksanakan Kegiatan Di Desa Bengkala.

Admin kubutambahan | 27 September 2019 | 616 kali

Udayana Community Development Program (UCDP) bekerjasama dengan IEEE Humanitarian Activities Committee (HAC) melaksanakan pembukaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan Tema; "Pemberdayaan Masyarakat Berkebutuhan Khusus melalui Program "sign Language based EducatioN through augmenTEd ReAlity (LENTERA)" yang bertempat di Ruang Rapat Kantor Perbekel Bengkala hari ini Jumat (27/9).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten III (Administrasi Umum) Setda Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa., M.Pd didampingi oleh Ketua LPPM Universitas Udayana, Koprodi Psikologi FK Universitas Udayana, Ketua Tim Lentera, Plh. Perbekel Bengkala, serta diikuti oleh undangan dari Kepala SLB Badung, Kepala SLB B Singaraja, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (Puskesmas Kubutambahan I), Camat Kubutambahan, Kelian Desa Adat Bengkala, Ketua BPD, perangkat Desa, Bhabinkamtibmas dan warga Tuli Bisu Desa Bengkala.

Asisten III menyampaiakan sambutan Bupati Buleleng bahwasannya sangat mendukung program ini, lebih-lebih hal ini dapat membantu warga Kolok Desa Bengkala dalam berinteraksi dengan warga lain. "Kolok adalah ikon Desa Bengkala, karena komunitas Kolok yang ada di Kabupaten Buleleng paling banyak ada di Desa Bengkala, semoga program ini berjalan lancar hingga batas waktu yang ditentukan selesai" imbuhnya.

Sementara itu Ketua Tim Lentera menyampaikan poin penting Pengabdian masyarakat ini adalah berupa pembuatan Aplikasi tentang Kata Kolok/bahasa Tuli Bisu Desa Bengkala yang rencananya akan dilaksanakan selama setahun hingga 31 Juli 2020 nanti, untuk proses pendataan dan penggalian informasi akan dimulai bulan depan, setelah Pembuatan Aplikasi akan dilanjutkan dengan Pengujian Aplikasi dan terakhir baru akan diterapkan Pengaplikasian ke para warga Tuli Bisu yang memiliki HP. Android sehingga nantinya dapat membantu mempermudah komunikasi antar warga Tuli Bisu dengan warga normal di Kabupaten Buleleng pada umumnya dan di Desa Bengkala pada khususnya.

Dalam kesempatan ini selain melaksanakan acara pembukaan, FK Unud juga membuka pelayanan kesehatan THT/pemeriksaan gratis bagi warga Kolok yang ada di Desa Bengkala.

Sumber :FB. PemdesBengkala