(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

PEMBINAAN PESANTIAN TINGKAT REMAJA OLEH TIM KABUPATEN BULELENG DI DESA TAMBLANG KECAMATAN KUBUTAMBAHAN

Admin kubutambahan | 04 April 2019 | 370 kali

 

Serangkaian Pelaksanaan Hut Kota Singaraja Ke 415, dimana diselenggarakan lomba Pesantian dan Geguntangan tingkat remaja Tahun 2019.

Tim pembina Kabupaten didampingi Tim pembina Kecamatan Kubutambahan bersama-sama melaksanakan pembinaan Pesantian dan Geguntangan tingkat remaja di Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan Kamis,(4/3/2019) bertempat di Wantilan Pura Desa Pakraman Tamblang.

Melalui Dinas Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng kegiatan ini rutin diselenggarakan setian tahun dalam rangka perayaan HUT Kota Singaraja. Kecamatan Kubutambahan dalam hal ini diwakili oleh Desa Tamblang  menjadi duta Kecamatan Kubutambahan. 

Hadir Camat Kubutambahan Drs Made Suyasa,M.Si beserta Kasi Sosial dan Budaya Kantor Camat Kubutambahan, Perbekel Desa Tamblang, Penyuluh Bahasa Bali dan Anggota Tim serta dihadiri oleh Tim Kabupaten yang dipimpin langsung oleh Kabid Adat dan Tradisi Ni Made Sriwati,S.Sn. M.Si beserta Tim.

Tema pesantian disertai Geguntangan tingkat remaja dalam hal ini diwakili oleh Sekaa Truna Truni Eka Arsa Shanti dan Komunitas Seni Abhirama Desa Tamblang berjudul Bayu Pramana ( memulihkan sumber daya angin ), diharapakan bisa mendapatkan juara selaku duta Kecamatan Kubutambahan yang di lombakan pada saat perayaan HUT Kota Singaraja ke- 415. Tujuan diselenggarakannya lomba pesantian disertai geguntangan, selain untuk serangkaian meriahan Hut Kota Singaraja juga   untuk meningkatkan dan menumbuhkembangkan pelestarian adat dan Budaya yang ada di wilayah Desa Pakraman Tamblang dan mencintai budaya dari tingkat remaja khususnya dalam hal  Pesantian dan Geguntangan.

Untuk memotifasi dan memberikan rangsangan kepada peserta yang mengikuti lomba serangkaian HUT Kota Singaraja Ke 415 Tahun 2019, Kabid Adat dan Tradisi menyampaikan Dinas Kebudayaan Kab Buleleng memberikan Dana Pembinaan masing - masing : 

Peringkat Pertama Sebesar Rp. 8.500.000, Peringkat Kedua Sebesar Rp.7.500.000, Peringkat Ketiga Sebesar Rp. 6.500.000 Dan Harapan ke Satu sampai keenam mendapat hadiah atau dana pembinaan sebesar Rp. 5.500.000.