(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Pembinaan Subak Abian Tukad Embang Desa Bukti dari Tim Pembina Kab Buleleng Tahun 2019

Admin kubutambahan | 08 Mei 2019 | 336 kali

 

Sebagai Duta Kecamatan Kubutambahan Pada Lomba Subak Abian Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2019, Subak Abian Tukad Embang Desa Bukti, Rabu ( 8/5 ) pagi tadi Tim Kabupaten Buleleng melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng melaksanakan Pembinaan dan Penilaian yang dilaksanakan di Pura Subak Tukad Embang Desa Bukti Kecamatan Kubutambahan.

Kedatangan Tim Pembina Kabupaten Buleleng yang di pimpin langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng yang mana diwakili oleh Kepala Bidang Adat dan Tradisi.Ni Made Sriwati,S.Sn.M.Si,. disambut langsung oleh Camat Kubutambahan Drs Made Suyasa,M.Si beserta Tim Kecamatan Kubutambahan, Perbekel Desa Bukti beserta Perangkat Desa, Kelian Desa Pakraman Bukti dan Krama Subak Abian Tukad Embang.

Dalam kegiatan Pembinaan ini dibagi menjadi tiga bagian, dalam Bahasa Bali disebut Baga. Tiga bagian tersebut tidak lepas dari unsur Tri Hita Karana yakni Parhyangan, Pawongan dan Palemahan. disamping itu juga pembinaan administrasi yang sangat perlu diperhatikan.

Camat Kubutambahan Drs Made Suyasa, M.Si menyampaikan agar krama subak abian tukad embang agar betul betul memperhatikan pembinaan yang diberikan oleh Tim Pembina Kabupaten Buleleng dalam pelaksanaan Lomba Subak Abian Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2019. Segala administrasi yang diperlukan diharapkan agar di lengkapi dengan baik.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kepala Bidang Adat dan Tradisi Ni Made Sriwati,S.Sn.M.Si,. Mengatakan yang menjadi pokok penilaian lomba subak adalah tata Parahyangan, Pawongan juga Palemahan. Dikatakan, keberadaan subak di Bali sudah terkenal sampai keluar negeri, dan telah diakui PBB melalui badan UNESCO sebagai salah satu warisan Budaya Dunia, sebagai salah satu organisasi penting yang ada di Bali. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita melestarikan serta ngajegang keberadaan Subak agar tidak terdesak atau hilang seiring adanya alih fungsi lahan subak.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Buleleng Provinsi Bali memberikan perhatian lebih pada subak dan Subak Abian yang sudah menjadi destinasi pariwisata. Perhatian Pemerintah Kabupaen Buleleng melalui Dinas Kebudayaaan terhadap subak salah satunya melalui lomba subak ini .