(0362) 21745
kubutambahan@bulelengkab.go.id
Kecamatan Kubutambahan

Pemerintah Kecamatan Kubutambahan ngaturang bakti penganyar di Pura Segare Giri Gili Menjangan Desa Sumberklampok Kecamatan Gerokgak.

Admin kubutambahan | 23 Maret 2019 | 354 kali

Keberadaan Pulau Menjangan erat kaitannya dengan perjalanan Dang Hyang Siddimantra dari pulau Jawa datang ke Bali, di pulau inilah konon beliau menorehkan tongkatnya untuk memisahkan pulau Jawa dan Bali, sehingga putra Beliau yang bernama Bang Manik Angkeran bisa menetap di Bali Dwipa dan tidak kembali ke Jawa.

Maka untuk menghormati jasa beliau, disini pula dibangun sebuah pura bernama Pura Segara Giri Dharma Kencana. (Pura Segara Giri Dharma Kencana, Giri = Bumi, Wilayah, Dharma = Kebenaran dan Kencana = garis).

Di Pulau Menjangan ada 7 tempat bersembahyang yang sering menjadi tujuan pemedek yaitu : 1. Pr. Tirta Pingit Klenting Sari/Tamakn Beji, 2. Pr. Pesraman Agung Brahma Ireng (Ratu Patih Keboiwa), 3. Pr. Pagoda Agung Dewi Kwan Im, (Dewi Kemakmuran) 4. Pr. Pendopo Agung Gajah Mada, (Hyang Wisnu Murti) , 5. Bhatara Lingsir Sang Hyang Pasupati, 6. Pr. Dalem Erlangga & Dalem Waturenggong, 7. Ganesa & Dewi Parwati.

Serangkaian dengan Upakara / Upacara pujawali purnamaning kedasa di Pura “ Lingih Ida Hyang Pasupati ‘ Gili Menjangan “ Pemerintah Kecamatan Kubutambahan melaksanakan bakti penganyar di Pura Segara Giri Gili Menjangan,Desa Sumberklampok,Kecamatan Gerokgak,Sabtu 23 Maret 2019. 

Rombongan dipimpin langsung oleh Camat Kubutambahan Drs Made Suyasa,M.Si,. didampingi Sekcam Kubutambahan Gde Agus Ngurah Suryawan,S.Sos,dan Karyawan Karyawati kantor Camat Kubutambahan serta Desa Pakraman se- Kecamatan Kubutambahan turut tangkil ( hadir ) ngaturang sembah bakti .

Sebelum Pelaksanaan persembahyangan dimulai, diawali dengan penampilan Tari Rejang Dewa dari Siswi SMA Sidhi Karya Plus Pariwisata , dan Tari Rejang Renteng dari PKK Kec Kubutambahan yang diiringi tabuh dari Kumara Jaya  Desa Pakraman Kubutambahan dilanjutkan persembahyangan bersama yang dipuput oleh ida perande saking Griye Kemenuh Jageraga.

Dalam jadwal yang sudah ditentukan oleh pengempon pura segare giri gili menjangan bahwa untuk penganyar hari ini yakni Kecamatan Kubutambahan, Kecamatan Sawan dan Kecamatan Tejakula.